Sabtu, 19 November 2011

Ski Air SEA Games XXVI



Menjelang pelaksanaan SEA Games XXVI, venue Ski Air di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang seluas 40 hektare, terus dibersihkan dari sampah.
Namun secara seluruhan, venue ini sudah siap dan telah pernah digelar test event dengan hasil yang memuaskan para atlet.
Menurut Ketua Panitia Pelaksana Ski Air, Fadjar Sampurno, cabang olahraga Ski Air akan memperebutkan 11 medali emas.
Hingga Rabu (9/11/2011) baru lima negara peserta  yang mendaftar ke panitia, dengan total 35 atlet dan melibatkan 19 wasit internasional (International Technical Officer/ITO) serta beberapa wasit nasional.
"Untuk cabor Ski Air, Indonesia memasang target enam medali emas di semua kelas, seperti slalom dan jumping," kata Fadjar, yang juga Wakil Ketua Pengurus Pesatuan Olahraga Ski Air Pusat.
Melihat venue-venue yang ada di JSC, Fadjar mengakui bahwa Sumsel saat ini memiliki venue Ski terbaik di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. "Kalau dulu venua Ski Air terbaik di Indonesia itu ada di Tenggarong Kalimantan Timur. Tetapi kini Tenggarong tidak baik lagi karena menjadi lokasinya sudah jadi tambak ikan," katanya.
Sementara Ketua Badan Pengelola Ski Air, HM Rusdy HM mengatakan, menjelang pembukaan SEA Games dan pelaksanaan pelombaan, kebersihan danau tetap dijaga. Bahkan dengan dua unit perahu karet standby dan melakukan pembersihan dan mengambil sampah alami, seperti potongan ranting dengan dua tahapan. Tahap I dilakukan pagi dan tahap II digelar menjelang sore hari.
"Kami hanya menggunakan perahu karet dan alat jaring sederhana untuk mengambil sampah dan kotoran sehingga danau tetap bersih dan atlet merasa nyaman daat turun ke danau," katanya.
Untuk kesiapan venue dan melayani kebutuhan atlet dan officer, setidaknya 68 tenaga kerja dikerahkan dengan pembagian tiga shift jam kerja. Di venue ini juga dilengkapi beberapa ruangan, termasuk Media Center, ruang test dopping, ruang khusus kesehatan dan ruang wasit.
Untuk kepentingan atlet, pengelola gedung dan venue juga menyiapkan sarana olahraga dan fitnes sederhana sebagai lokasi pemanasan bagi atlet. "Setiap kontingen dari peserta negara yang turun disiapkan tenda VIP khusus," katanya.


(www.tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar