Jumat, 11 November 2011

laporan mulyani part " III "

BAB I
PENDAHULUAN



A.         Maksud dan Tujuan

Prakerin adalah suatu sistem yang di terapkan dalam proses pendidikan di SMK di selenggarakan tidak hanya di sekolah melainkan juga dilaksanakan di masyarakat, dunia usaha dan industri. Tujuanya adalah agar siswa yang mendapat pendidikan di SMK biasa mendapat pengalaman dalam dunia industri. Adapun tujuan lain dari kegiatan praktek kerja industri (prakerin) adalah untuk mengkaji dan mempelajari serta mempersiapkan para taruna untuk bekerja secara mandiri.

1.1Tujuan Pendidikan Nasional

            Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan Bangsa, Tujuan pendidikan terdapat dalam UU no 2 tahun 1985 yaitu mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, dan berdudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, keperibadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa.
         Menurut Tap MPR n0 11/MPR/1993 yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan  bertaqwa terhadap Tuhan yang maha Esa berbudi pekerti yang luhur, berkeperibadian, mandiri, maju,tangguh, cerdas, kreatiff, terampil, berdisiplin, beretos kerja professional serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patroik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan nasional, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap, menghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi untuk masa depan




 1.2 Tujuan Pendidikan SMK


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan satuan pendidikan menengah, untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar guna mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja serta menggembangkan sikap professional sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0490/U/95. Tujuan pendidikan pada SMK adalah:

1.    Mempersiapkan siswa untuk memasuki kerja serta menggembangkan sikap professional
2.    Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, dan mampu menggembangkan diri
3.    Menyiapkan tenah kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan  dunia usaha dan industri pada saat sekarang maupun dimasa yang akan dating
4.    Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaftif dan kreatif.

Berkaitan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha akan SDM lulusan SMK, khususnya SMK N 36 Jakarta, maka dilakukan pendekatan kebutuhan dunia kerja/indusrti. Sehingga upaya yang dilakukan untuk memperoleh masukan dari dunia usaha tentang kemampuan (kompetisi) yang diperlukan guna menunjang produktitifitas dunia kerja dapat tercapai.

Hal tersebut berkaitan dengan tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan sebagai pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.Sekolah Menengah Kejuruan merupakan bentuk satuan pendidikan dijalur pendidikan sekolah pada pendidikan menengah kejuruan.








1.3  Tujuan program Keahlian


        Tujuan Program Keahlian Teknik Budidaya dan Pengolahan ialah:

1.    Memberikan bekal ilmu pengetahuan keterampilan teknis serta menejerial pengelolaaan dan pengolahan hasil perikanan dan kelautan
2.    Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan pemasaran hasil perikanan dan kelautan.
3.    Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perikanan dan kelautan diwilayah pesisir pantai teluk Jakarta, khususnya Jakarta-Utara.


1.4  Tujuan Pelaksanaan Kerja Industri (Prakerin)


1.    Pemenuhan kompetensi sesuai tuntunan Kurikulum
Pengguasaan kompetensi dengan pembelajaran disekolah sangat ditentukan oleh fasilitas pembelajaran yang tersedia.Jika ketersediaan fasilitas terbatas, sekolah perlu merancang pembelajaran kompetensi diluar sekolah (Dunia Kerja Mitra). Keterlaksanaan pembelajaran kompetensi tersebut bukan diserahkan sepenuhnya ke Dunia Kerja, tetapi sekolah perlu memberi arahan tentang apa yang seharusnya dibelajarkan kepada peserta didik.
2.    Implementasi kompetensi ke dalam Dunia Kerja
Kemampuan-kemampuan yang yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di sekolah perlu diImplementasikan secara nyata sehungga tumbuh kesadaran bahwa apa yang sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain. Dengan begitu peserta didik akan lebih percaya diri karena orang lain dapat  memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya diterima oleh masyarakat.
3.    Penumbuhan etos kerja/Pengalaman kerja
SMK sebagai lembaga pendidikan yang diharapkan dapat menghantarkan tamatanya ke dunia kerja perlu memperkenalkan lebih dini lingkungan sosial yang berlaku di dunia kerja.Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan Dunia Kerja dan terlibat langsung di dalamnya.Diharapkan dapat membangun sikap kerja dan keperibadian yang utuh sebagai pekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar