Kamis, 06 Oktober 2011

laporan mulyani rembang


LEMBAR PENGESAHAN
            Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan dari laporan prakerin di PT. Centra Pertiwi bahari Rembang, maka dengan ini sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 36 Jakarta untuk dapat di syahkan.

Ditetapkan di   : Jakarta
Tanggal : 5 Maret 2011


Menyetujui:

        Orang tua                                                                            Peserta didik


   (     TIMIN    )                                                                   (  MULYANI NULGANA)

                                                                                                          Nis: 7120

Mengetahui:


            Ketua Program Keahlian                               
          AGRIBISNIS PERIKANAN                                          Wakabid. Humas/ DUDI




          Ir. Rosmawati Usman                                                Drs. Hadir Sembiring
         NIP :19680720200122003                                    NIP : 1958812251986031008


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah dengan rasa syukur, kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan inayah-Nya. Laporan “Kegiatan pelaksanaan Prakerin SMK N 36 Jakarta” ini telah seleai saya susun untuk dapat dinilai dan dikoreksi isinya oleh guru yang bersangkutan.
Laporan ini dibuat sebagai bentuk pembuktian bahwa siswa telah mengikuti kegiatan prakerin,serta tanggung jawab setiap siswa/i dari pihak sekolah setelah mengikuti kegiatan prakerin. Isi dari laporan ini ialah suatu kegiatan yang saya lakukan dalam dunia usaha “Perikanan” . Saya menyadari bahwa manfaat prakerin bagi saya begitu besar, banyak ilmu yang belum saya ketahui dilingkungan sekolah yang saya ketahui dilingkungan Prakerin.
Tak lupa juga penyusun hendak mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada keluarga (orang tua) dan teman-teman saya yang selalu mendukung dan memberikan semangat disaat penulis butuh bantuan, bimbingan, maupun dorongan semangat. Selain itu, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada:

1.    Drs. Dedi Dwitagama, M.M.M. Si selaku kepala sekolah SMK Negeri 36 Jakarta
2.    Ir. Rosmawati Usman. Selaku ketua jurusan Agribisnis Perikanan
3.   Dian Puspitasari S.pi. selaku pembingbing sekolah yang selalu mengontrol perkembangan di industri
4.   Semua guru-guru Jurusan Teknik Budidaya dan Pengolahan
5.   Bpk.Togar patipulu Ketua Perusahaan P.T. NALENDRA RAYA BAKTI Subang, Jawa Barat
6.   Bpk. Eming Suharman, selaku Pembimbing serta para pegawai P.T tersebut
7.   Semua pihak yang telah membantu proses kegiatan dan penyusunan laporan ini.
Saya menyadari bahwa sebagai manusia yang memiliki
keterbatasan , tentu hasil karya saya dalam pembuatan laporan ini tidak mungkin luput dari kekurangan. Saya sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

                  Jakarta, 5 Januari 2011



                                                                                                             Penyusun



                                                                                                       MULYANI NULGANA

DAFTAR ISI
COVER................................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................... ii
KATA PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A . Latar Belakang ........................................................................................... 1
Maksud Dan Tujuan ............................................................................. 1
Tujuan Pendidikan  Nasional................................................................. 2
3.Tujuan Pendidikan SMK........................................................................ 2
4.Tujuan Program Keahlian ..................................................................... 3
5.Tujuan Prakerin  .................................................................................... 3
B. Sasaran Kegiatan ........................................................................................ 4
Peserta Prakerin .................................................................................. 4
Tempat Prakerin................................................................................... 5
a.Uraian Prakerin.................................................................................. 5
b.Proses Prakerin ................................................................................ 6
BAB II  PELAKSANAAN PRAKERIN.............................................................. 7
1.Profil Perusahaan.......................................................................................... 7
2.Jadwal Kegiatan Prakerin.............................................................................. 8
3. Jadwal Pembekalan..................................................................................... 13
4.Kendala Dan Solusi  ..................................................................................... 20
BAB III   PENUTUP............................................................................................ 21
1.    Kesimpulan  ............................................................................................. 21
2.    Saran ........................................................................................................ 21
Lampiran-Lampiran


BAB I
PENDAHULUAN

A.         Maksud dan Tujuan

Prakerin adalah suatu sistem yang di terapkan dalam proses pendidikan di SMK di selenggarakan tidak hanya di sekolah melainkan juga dilaksanakan di masyarakat, dunia usaha dan industri. Tujuanya adalah agar siswa yang mendapat pendidikan di SMK biasa mendapat pengalaman dalam dunia industri. Adapun tujuan lain dari kegiatan praktek kerja industri (prakerin) adalah untuk mengkaji dan mempelajari serta mempersiapkan para taruna untuk bekerja secara mandiri.

  1.1  Tujuan Pendidikan Nasional

            Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan Bangsa, Tujuan pendidikan terdapat dalam UU no 2 tahun 1985 yaitu mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, dan berdudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, keperibadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa.
         Menurut Tap MPR n0 11/MPR/1993 yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan  bertaqwa terhadap Tuhan yang maha Esa berbudi pekerti yang luhur, berkeperibadian, mandiri, maju,tangguh, cerdas, kreatiff, terampil, berdisiplin, beretos kerja professional serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patroik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan nasional, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap, menghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi untuk masa depan

 









 1.2 Tujuan Pendidikan SMK


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan satuan pendidikan menengah, untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar guna mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja serta menggembangkan sikap professional sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0490/U/95. Tujuan pendidikan pada SMK adalah:

1.    Mempersiapkan siswa untuk memasuki kerja serta menggembangkan sikap professional
2.    Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, dan mampu menggembangkan diri
3.    Menyiapkan tenah kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan  dunia usaha dan industri pada saat sekarang maupun dimasa yang akan dating
4.    Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaftif dan kreatif.

Berkaitan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha akan SDM lulusan SMK, khususnya SMK N 36 Jakarta, maka dilakukan pendekatan kebutuhan dunia kerja/indusrti. Sehingga upaya yang dilakukan untuk memperoleh masukan dari dunia usaha tentang kemampuan (kompetisi) yang diperlukan guna menunjang produktitifitas dunia kerja dapat tercapai.

Hal tersebut berkaitan dengan tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan sebagai pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan bentuk satuan pendidikan dijalur pendidikan sekolah pada pendidikan menengah kejuruan.


1.3  Tujuan program Keahlian


        Tujuan Program Keahlian Teknik Budidaya dan Pengolahan ialah:

1.    Memberikan bekal ilmu pengetahuan keterampilan teknis serta menejerial pengelolaaan dan pengolahan hasil perikanan dan kelautan
2.    Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan pemasaran hasil perikanan dan kelautan.
3.    Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perikanan dan kelautan diwilayah pesisir pantai teluk Jakarta, khususnya Jakarta-Utara.

1.4  Tujuan Pelaksanaan Kerja Industri (Prakerin)


1.    Pemenuhan kompetensi sesuai tuntunan Kurikulum
Pengguasaan kompetensi dengan pembelajaran disekolah sangat ditentukan oleh fasilitas pembelajaran yang tersedia. Jika ketersediaan fasilitas terbatas, sekolah perlu merancang pembelajaran kompetensi diluar sekolah (Dunia Kerja Mitra). Keterlaksanaan pembelajaran kompetensi tersebut bukan diserahkan sepenuhnya ke Dunia Kerja, tetapi sekolah perlu memberi arahan tentang apa yang seharusnya dibelajarkan kepada peserta didik.
2.    Implementasi kompetensi ke dalam Dunia Kerja
Kemampuan-kemampuan yang yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di sekolah perlu diImplementasikan secara nyata sehungga tumbuh kesadaran bahwa apa yang sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain. Dengan begitu peserta didik akan lebih percaya diri karena orang lain dapat  memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya diterima oleh masyarakat.
3.    Penumbuhan etos kerja/Pengalaman kerja
SMK sebagai lembaga pendidikan yang diharapkan dapat menghantarkan tamatanya ke dunia kerja perlu memperkenalkan lebih dini lingkungan sosial yang berlaku di dunia kerja. Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan Dunia Kerja dan terlibat langsung di dalamnya. Diharapkan dapat membangun sikap kerja dan keperibadian yang utuh sebagai pekerja.
























B. Sasaran Kegiatan

1.5  Peserta Prakerin

I.              Data peserta prakerin
           
1.    Nama Lengkap                        : MULYANI NULGANA

2.    Nomor induk siswa                  : 7120

3.    Tempat dan tanggal lahir        : Jakarta, 21 November 1993

4.    Kelas                                       : XI

5.    Program keahlian                    : AGRIBISNIS PERIKANAN

6.    Alamat                                     : Jl. Kalibaru Barat. VIII F RT.016/RW.003
                                               No.40 kec.Cilincing  kel.Kalibaru





















1.6. Tempat Prakerin

Mengikuti kegiatan praktek kerja industri (prakerin) di PT. Centra Pertiwi Bahari. Sebagai industri  pembenihan udang air laut.

1.    NAMA PERUSAHAAN         :   PT. CENTRA PERTIWI BAHARI

2.    USAHA                                 :   PEMBENIHAN UDANG AIR LAUT


3.    ALAMAT                    : JL. DESA SUMUR TAWANG KEC.KRAGAN KAB.REMBANG JAWA TENGAH


I.              Uraian Kegiatan

Beberapa Pekerjaan yang dilakukan di PT. CENTRA PERTIWI BAHARI  rembang, Jawa Tengah. Diantaranya :

a)    Mensortir noupli dan benur  udang untuk persiapan pemanenan dan pemeliharaan pada fase tertentu
b)    pengecekan terhadap naupli dan benur  untuk menjamin kondisi serta kualitas udang
c)    Mengguras kolam/bak udang pada modul-modul tertentu
d)    Membersihkan inlet dan outlet pada setiap kolam
e)    Memberi pakan pada noupli dan benur udang
f)     Dan melakukan pemanenan benur udang (nama latin) sesuai dengan permintaan pembeli
g)    Kultur pakan alami berupa Fitopalnkton dan Zooplankton



                                         






II.            Proses prakerin

Kegiatan yang dilakukan saat praktek kerja industri (prakerin), yaitu :

a)    Penempatan

b)    Observasi lapangan

c)    Pelaksanaan prakerin

d)    Konsultasi dengan pembimbing lapangan

e)    Penyusunan

f)     Pengesahan

g)    Pamitan

h)    Dan kembali ke sekolah



  















BAB II
PELAKSANAAN PRAKERIN


  2.1 Profil Perusahaan
                                                                                          
?
2.2 Jadwal Kegiatan

Tanggal
Kegiatan
Tempat



7 Januari 2011
s/d
13 Januari 2011
-          Membersihkan kiolam-kolam air yang telah terpakai.
-          Mengganti  air kaporit dan membersihkan tempat pencucian kaki serta air PK untuk pencucian tangan.
-          Membersihkan jalanan di sepanjang ruang water dengan air kaporit.
-          Mempelajari cara menyalakan pompa air laut dengan air tawar.
-          Obseruasi outlet dan inlet pada saluran air.
-          Obseruasi ruang ozon.
PT.Central Pertiwi Bahari







4 Januari 2011
s/d
28 Januari 2011
-          Proses kultur thala dan skele degan step 50 ml dan 100 ml.
-          Memberi cairan tiosulfat, silikat, EDTA, dan AGP. Sebagai pupuk wadah kultur Plankton.
-          Menyiapkan wadah kultur Plankton yang dengan berukuran step 8 liter , 12 liter, dan 15 liter serta memasang aerasinya.
-          Memberi cairan tiosulfat, silikat, EDTA, dan AGP. Sebagai pupuk wadah kultur Plankton yang berukuran step 8 liter , 12 liter, dan 15 liter.
-          Mengambil sample Palankton distep 50 ml dan 100 ml untuk mengetahui berapa banyak populasi didalamnya.
-          Meneliti kualitas dan kuantitas Plankton di mikroskop untuk bibit kultur selanjutnya.
-          Mensterilisasi air untuk wadah kultur  Plankton dengan  menggunakan  mesin Autoclave.
-          Membersihkan semua alat-alat yang telah terpakai.
PT.Central Pertiwi Bahari




29 Januari 2011
s/d
3 Februari 2011
-          Proses kultur dehidrasi Cysta artemia.
-          Panen artemia yang telah menetas dari cangkangnya.
-          Membilas artemia dengan air laut  dan air tawar
-          Membersihkan artemia dari cysta telurnya dengan larutan H2O2 (peroksida) .
-          Mengecek kondisi artemia.
-          Tranfer artemia ke modul  untuk pakan benur.
-          Menyiapkan wadah tenk hatcing  untuk kultur artemia dan memasang aerasi.
-          Membersihkan semua alat-alat yang telah digunakan.
PT.Central Pertiwi Bahari








4  Februari 2011
s/d
11 Februari 2011





-          Membersihkan dan mencuci kolam yang telah digunakan sebagai wasah benur  larva.
-          Mengganti air kaporit dan membersihkan tempat pencucian kaki serta air PK untuk pencucian tangan.
-          Mengukur salinitas .
-          Memberikan pakan pada benur sesuai jadwal pakan.
-          Panen benur pada fase-fase tertentu , serta sesuai dengan permintaan konsumen.
-          Mengecek kondisi benur udang.
-          Melakukan estimasi  yaitu menghitung jumlah populasi  benur udang pada tiap kolam.
-          Melakukan kegiatan Fumigasi  yaitu untuk membunuh  bakteri yang ada dalam udara ruangan (dilakukan pada saat ruangan tidak ada budidaya benur udang ).
-          Melakukan kegiatan flowtrought  yaitu mengalirkan air yang bersih kekolam serta membuang air yang kotor (hal ini dilakukan secara besamaan).
PT.Central Pertiwi Bahari








12 Februari 2011
s/d
17 Februari 2011
-          Proses kultur thala dan skele degan step 50 ml dan 100 ml.
-          Memberi cairan tiosulfat, silikat, EDTA, dan AGP. Sebagai pupuk wadah kultur Plankton.
-          Menyiapkan wadah kultur Plankton yang dengan berukuran step 8 liter , 12 liter, dan 15 liter serta memasang aerasinya.
-          Memberi cairan tiosulfat, silikat, EDTA, dan AGP. Sebagai pupuk wadah kultur Plankton yang berukuran step 8 liter , 12 liter, dan 15 liter.
-          Mengambil sample Palankton distep 50 ml dan 100 ml untuk mengetahui berapa banyak populasi didalamnya.
-          Meneliti kualitas dan kuantitas Plankton di mikroskop untuk bibit kultur selanjutnya.
-          Mensterilisasi air untuk wadah kultur  Plankton dengan  menggunakan  mesin Autoclave.
-          Membersihkan semua alat-alat yang telah terpakai.
PT.Central Pertiwi Bahari




18 Februari 2011
s/d
25 Februari 2011
-          Mengambil sample dari modul-modul, lab.Algae, artemia, dan water.
-          Mengukur PH dan salinitas air dari modul-modul, lab.Algae, artemia, dan water.
-          Meneliti perkembangan Noupli dan benur dengan menggunkan mikriskop .
-          Mengecek alkalinintas, amonium, nitrit, clorin,(hal ini dilakukan pada saaat benur atau niupli datang dari pemasok).
-          Mengukur perkembangan dan panjang benur.
-          Membersihkan semua alat-alat  yang telah digunakan.
PT.Central Pertiwi Bahari




26 Februari 2011
s/d
2 Februari 2011
-          Membersihkan dan mencuci kolam yang telah digunakan sebagai wasah benur  larva.
-          Mengganti air kaporit dan membersihkan tempat pencucian kaki serta air PK untuk pencucian tangan.
-          Mengukur salinitas .
-          Memberikan pakan pada benur sesuai jadwal pakan.
-          Melakukan tranfer noupli yang baru datang ke modul-modul noupli.
-          Melakukan tranfer noupli yang sudah memasuki fase benur ke modul-modul benur.

PT.Central Pertiwi Bahari


2.3  Pembekalan Prakerin


?

2.4  Uraian Kegiatan


PT. CENTRAL PERTIWI BAHARI ialah, Usaha Perikanan dibidang “HATCERING” pada benur udang fanami, adapun uraian kegiatan  yang dilakukan pada saat prakerin di PT. Central Pertiwi Bahari adalah sebagai berikut:

v  WATER
v  LABOLATORIUM QUALITI CONTROL
v  PAKAN ALAMI
v  POST LARVA dan NOUPLI



v  PACKING
     Packing adalah kegiatan pengepakan ikan yang di beri gas  supaya ikan dapat bertahan lama. Proses  packing dibagi menjadi 2 yaitu :

1.        Packing Eksport adalah pengepakan yang di kirim untuk ke luar negeri atau ke    eksportir, kuat gas yang bertahan ± 24 -.36 jam.
 Langkah – langkah packing Eksport adalah :
Ø  Pemberokan atau ikan di puasakan selama 2 hari untuk mengurangi metabolisme didalam tubuh.
Ø  Persiapan air packing seperti: oksidasi air dengan aerasi selama 2 hari.
Ø  Pemberian antibiotic pada air 1 gram / 1000 liter air ???????(serbuk kuning).
Ø  Pengepakan ikan di sesuaikan dengan jenis dan kepadatan ikan.
Ø  Memasukkan ke sterofoum box ikan siap di eksport.

2.        Packing Ritail adalah pengepakan yang di kirim masih dalam satu kota atau pedagang eceran, kuat gas yang bertahan 3 – 5 jam.
Langkah – langkah packing Ritail adalah :
Ø  Ikan langsung di packing sesuai jenis dan kepadatannya dengan takaran ¾ oksigen dan  ¼ air.
Ø  Ikan siap dijual.
Catatan:
Pada saat oksidasi air untuk keperluan eksport dilakukan pencahayaan dengan filter air uv dan otonisasi dengan tujuan agar supaya oksigen terlarut. Konsentrasi lebih tinggi dan kondisi air bebas hama dan parasit






BAB III
PENUTUP


3.1  KESIMPULAN



3.2 SARAN


LAMPIRAN-LAMPIRAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar