Kamis, 06 Oktober 2011

ikan terapi

Terapi ikan merupakan salah satu pengobatan alternatif yang sudah tidak asing lagi di telinga, hal ini tidak lepas dari hasil positif yang diperoleh manusia melalui terapi ikan tersebut. Ikan-ikan khusus ini melakukan terapi dengan menghisap bagian tubuh yang dicelupkan ke kolam tempat ikan ini berkumpul di karenakan ikan ini tidak memiliki gigi seperti ikan-ikan biasanya, oleh karena itulah ikan-ikan jenis ini disebut khusus untuk terapi. Ikan dengan keahlian khusus ini memang memiliki kelebihan tersendiri, selain tidak memiliki gigi seperti ikan lainnya, ikan-ikan ini ternyata suka memakan sel-sel kulit mati dari manusia, karena inilah ketika bagian tubuh manusia dimasukkan kedalam kolam, ikan-ikan tersebut berebut dan bergerombol seperti mencium-cium bagian tubuh manusia tersebut. Orang yang pertama kali merasakan terapi ikan ini akan merasakan bagian tubuhnya yang digeromboli ikan serasa distrum atau dipijat, bahkan membuat orang tersebut tertawa karena seperti menggelitik.




















Manfaat Terapi Ikan

Terapi ikan dipercaya memiliki banyak manfaatnya bagi manusia dan tidak pandang usia mulai bayi hingga dewasa, manfaat ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang mulai menyukai terapi ikan ini. Namun karena jarangnya jasa pengobataan alternatif terapi ikan ini, meskipun pernah juga ditemukan seperti di Mall, Tempat spa ataupun salon, belum memberikan publikasi yang luas tentang manfaat terapi ikan ini. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya yaitu :
  1. Melancarkan peredaran darah,
  2. Menghaluskan Kulit,
  3. Menghilangkan rasa pegal-pegal,
  4. Menghilangkan stres.
Mengatasi penyakit-penyakit seperti :
  1. Vertigo,
  2. Reumatik,
  3. dan Hipertensi.
Terapi Ikan Di Indonesia

Terapi ikan memang sudah banyak dikenal di dunia, seperti turki dan thailand yang memiliki ikan yang mampu melakukan terapi pada bagian-bagian tubuh manusia. Di sanalah pula banyak muncul usaha terapi ikan. Melihat banyaknya penggemar terapi ikan di dunia membuat pengusaha Indonesia mengimport ikan ini mulai dari ikan asal turki hingga ikan asal thailand ini. Sedangkan ikan Indonesia sendiri yang merupakan negara dengan jenis ikan terbanyak ini tidak diperhatikan. Ikan Nilem Mangut (Osteochillus Hasselti) merupakan ikan asli Indonesia yang memiliki keahlian khusus seperti ikan-ikan luar negeri yang mampu melakukan terapi, bahkan hasil yang diperoleh lebih cepat terasa dibandingkan dengan ikan-ikan khusus jenis lainnya. Ikan ini umumnya berukuran kecil dan memiliki warna kecoklatan serta suka bergerombol. Ikan ini masih sangat jarang digunakan sebagai usaha terapi ikan di Indonesia karena usaha terapi ikan masih banyak yang menggunakan ikan import sebagai sarana terapi ikan. Selain lebih murah, ikan nilem ini memberikan sensasi yang lebih terasa dibandingkan dengan ikan jenis lainnya.

(http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/2198070-terapi-ikan/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar