BAB I
PENDAHULUAN
A.
Maksud dan Tujuan
Prakerin adalah suatu sistem yang di terapkan dalam
proses pendidikan di SMK di selenggarakan tidak hanya di sekolah melainkan juga
dilaksanakan di masyarakat, dunia usaha dan industri. Tujuanya adalah agar
siswa yang mendapat pendidikan di SMK biasa mendapat pengalaman dalam dunia
industri. Adapun tujuan lain dari kegiatan praktek kerja industri (prakerin)
adalah untuk mengkaji dan mempelajari serta mempersiapkan para taruna untuk
bekerja secara mandiri.
1.1Tujuan
Pendidikan Nasional
Tujuan pendidikan nasional adalah
mencerdaskan kehidupan Bangsa, Tujuan pendidikan terdapat dalam UU no 2 tahun
1985 yaitu mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu
beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, dan berdudi pekerti yang
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
keperibadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan
dan berbangsa.
Menurut Tap MPR n0 11/MPR/1993 yaitu
meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang maha Esa berbudi
pekerti yang luhur, berkeperibadian, mandiri, maju,tangguh, cerdas, kreatiff,
terampil, berdisiplin, beretos kerja professional serta sehat jasmani dan
rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patroik dan mempertebal
rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan
nasional, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap, menghargai jasa para
pahlawan, serta berorientasi untuk masa depan
1.2 Tujuan Pendidikan SMK
Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) merupakan satuan pendidikan menengah, untuk melanjutkan dan
meluaskan pendidikan dasar guna mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja serta
menggembangkan sikap professional sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor: 0490/U/95. Tujuan pendidikan pada SMK adalah:
1. Mempersiapkan
siswa untuk memasuki kerja serta menggembangkan sikap professional
2. Menyiapkan
siswa agar mampu memilih karir, dan mampu menggembangkan diri
3. Menyiapkan
tenah kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat sekarang
maupun dimasa yang akan dating
4. Menyiapkan
tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaftif dan kreatif.
Berkaitan dengan
perkembangan kebutuhan dunia usaha akan SDM lulusan SMK, khususnya SMK N 36
Jakarta, maka dilakukan pendekatan kebutuhan dunia kerja/indusrti. Sehingga
upaya yang dilakukan untuk memperoleh masukan dari dunia usaha tentang
kemampuan (kompetisi) yang diperlukan guna menunjang produktitifitas dunia
kerja dapat tercapai.
Hal tersebut
berkaitan dengan tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan sebagai pendidikan pada
jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa
untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.Sekolah Menengah Kejuruan merupakan
bentuk satuan pendidikan dijalur pendidikan sekolah pada pendidikan menengah
kejuruan.
1.3 Tujuan program Keahlian
Tujuan
Program Keahlian Teknik Budidaya dan Pengolahan ialah:
1. Memberikan
bekal ilmu pengetahuan keterampilan teknis serta menejerial pengelolaaan dan
pengolahan hasil perikanan dan kelautan
2. Memberikan
bekal pengetahuan dan keterampilan pemasaran hasil perikanan dan kelautan.
3. Meningkatkan
kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perikanan dan kelautan diwilayah pesisir
pantai teluk Jakarta, khususnya Jakarta-Utara.
1.4 Tujuan Pelaksanaan Kerja Industri (Prakerin)
1. Pemenuhan
kompetensi sesuai tuntunan Kurikulum
Pengguasaan
kompetensi dengan pembelajaran disekolah sangat ditentukan oleh fasilitas
pembelajaran yang tersedia.Jika ketersediaan fasilitas terbatas, sekolah perlu
merancang pembelajaran kompetensi diluar sekolah (Dunia Kerja Mitra).
Keterlaksanaan pembelajaran kompetensi tersebut bukan diserahkan sepenuhnya ke
Dunia Kerja, tetapi sekolah perlu memberi arahan tentang apa yang seharusnya
dibelajarkan kepada peserta didik.
2. Implementasi
kompetensi ke dalam Dunia Kerja
Kemampuan-kemampuan
yang yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di sekolah
perlu diImplementasikan secara nyata sehungga tumbuh kesadaran bahwa apa yang
sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain. Dengan begitu peserta
didik akan lebih percaya diri karena orang lain dapat memahami apa yang dipahaminya dan
pengetahuannya diterima oleh masyarakat.
3. Penumbuhan
etos kerja/Pengalaman kerja
SMK sebagai lembaga
pendidikan yang diharapkan dapat menghantarkan tamatanya ke dunia kerja perlu
memperkenalkan lebih dini lingkungan sosial yang berlaku di dunia
kerja.Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan Dunia Kerja dan terlibat
langsung di dalamnya.Diharapkan dapat membangun sikap kerja dan keperibadian
yang utuh sebagai pekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar